Komsos Ruteng July 12, 2019

Orang-orang muda diharapkan mampu memanfaatkan kemajuan teknologi zaman sekarang bagi kehidupan mereka yang lebih baik dan juga kemajuan bangsa dan negara. Wakil Bupati Manggarai Viktor madur menyatakan itu dalam sambutan pada pembukaan Youth Camp Keuskupan Ruteng di Aula SMP-SMA St. Klaus Kuwu, Minggu (07/07/2019).

Yang paling penting adalah diakhir kegiatan ini akan tercipta kesadaran bersama tentang bagaimana menggabungkan energi besar dengan memanfaatkan berbagai kemudahan, kemajuan teknologi untuk perubahan-perubahan positif di sekitar kita. Sebagai bagaian negara kesatuan Republik Indonesia, para peserta kegiatan ini tidak semata berpikir tentang hal-hal khusus saja kehidupan agama Katolik. Tetapi bagaimana kekhasan katholik itu bergerak ke hal lebih luas,” kata Viktor.

Sejarah bangsa dan negara Indonesia, kata Viktor, telah membuktikan orang muda sebagai pembawa perubahan dalam masyarakat. Mereka mengembangkan berbagai inovasi baru untuk kemajuan bangsa. Orang-orang muda Manggarai dan Keuskupan Ruteng pun memiliki kemampuan dan peluang yang sama.

“Kaum muda sendiri termasuk Orang Muda Katolik di dalamnya telah sejak lama diakui sebagai kekuatan perubahan karena potensi yang mereka miliki sangat besar. Bagaimana supaya anak-anak muda kita bangkit untuk memberi suatu inovasi, kreativitas untuk membangun bangsa ini ke depan, terutama bagi kita di Kabupaten Manggarai,” jelas Viktor.

Namun, untuk itu, Wakil Bupati Manggarai itu menekankan tiga hal yang perlu diperhatikan orang-orang muda, yaitu persahabatan, komunikasi dan kekuatan gerak bersama. Itu karena sifat manusia yang bukan hanya individu tetapi juga makhluk sosial. Sinergi ketiga hal itu memberi dorongan dalam setiap usaha mencapai hidup pribadi dan bersama yang lebih baik.

“Dengan kata lain, tanpa ketiganya, kita akan menjadi pribadi yang bergerak sendiri-sendiri, tanpa daya dorong yang kuat bagi terwujudnya perubahan. Padahal kita sama-sama menyadari bahwa selain sebagai individu, manusia adalah makhluk sosial. Karena itu mesti membawa dampak positif bagi lingkungan, daerah atau parokinya, bangsa dan negara,” kata Viktor.

Wakil Bupati Manggarai hadir sebagai bentuk dukungan pemerintah pada Youth Camp Keuskupan Ruteng yang dilaksanakan di kompleks SMP-SMA St. Klaus Kuwu, 7 Juli sampai dengan 10 Juli 2019. Camping diikuti oleh 400 utusan OMK dari 63 Paroki di Keuskupan Ruteng.