Efrem Dianto August 28, 2019

Pertemuan Pastoral paroki – paroki di Kevikepan Borong diawali dengan Rekoleksi yang dibawakan oleh Rm Stanis Harmansi Pr, Senin (26/08/2019) sore. Rekoleksi mengangkat tema “Meneropong Tindakan Memberi (Berbagi) Dalam Terang 2 Kor 8-9”.

Dalam renungannya, Rm Stanis menjelaskan bagaimana Paulus mengajar jemaat Gereja Perdana untuk menghayati hidup saling berbagi.

“Isu tentang memberi (berbagi) biasanya mengemuka dalam situasi dengan dua kategori yaitu ada yang berkecukupan/berkelimpahan dan ada yang berkekurangan. Dalam Kitab Suci, Paulus merupakan figur yang banyak menyinggung isu tentang memberi ini,” kata Romo Stanis.

Dalam konteks pastoral paroki, lanjut dia, ada dua relevansi dari isu memberi yang diwartakan Paulus dalam Suratnya kepada Jemaat di Korintus. Pertama, dalam pengalaman pastoral kita banyak dijumpai situasi dan kondisi ketidaksemimbangan yaitu ada yang berkecukupan dan ada orang yang berkekurangan. Kita diharapkan hadir untuk menyatukan dua kutub yang berbeda ini dengan menggerakan meraka yang berkecukupan untuk memberi kepada mereka yang berkekurangan.

Kedua, menyadarkan umat tentang tindakan memberi dan menggerakan mereka untuk menjadikan tindakan memberi sebagai bagian integral dari hidup kekristenan.

Ketiga, untuk menggerakan umat, kita perlu menggunakan metode pendekatan persuasif. Mengajak mereka dengan kata-kata yang menyentuh.

Keempat, dalam setiap gerakan memberi, penting adanya transparansi dalam pengadiministrasian pengumpulan sumbangan dan pengolahan hasil pemberiakn. Tindakan pengorganisasian ini mesti dilaksanakan dalam Tim.