Komsos Ruteng July 1, 2019

Kelas-kelas kerativitas mengisi hari kedua Camping Anak dan Orangtua di Wae Lengkas, minggu (30/06/2019). Sesuai dengan minat, anak-anak dibagi ke dalam sebelas kelas kecerdasan. Sementara itu, orangtua mengikuti kelas khusus yang dibawakan oleh Komisi Keluarga Keusjupan Ruteng.

Sebanyak 13 Kelas Kreativitas disiapkan bagi lebih dari 400 peserta anak-anak,lengkap dengan fasilitator dan media pembelajaran. Sebagian kelas bertempat di ruang-ruang pertemuan dan aula. Lainnya di tenda-tenda. Pelajaran dimulai 8.30 sampai 12.45.

Tiga belas kelas itu meliputi Kelas Mazmur, Kelas Koor, Kelas Tarian Liturgi, Kelas Musik Tradisional, Kelas Pantomim, Kelas Jurnalistik, Kelas bingo Kitab Suci, Kelas animasi, Kelas MC, Kelas Lukis, Kelas Dekorasi, Kelas Panggung Boneka dan Kelas Narasi/Dramatisasi Kitab Suci.

Peserta kelas menggambar memamerpak hasil karya pada malam Pesta Perayaan Kreativitas

Sebanyak 63 peserta orangtua mengikuti kelas khusus yang dipandu oleh Komisi Keluarga Keuskupan Ruteng. Mereka berdiskusi tentang bagaimana mendidik anak dalam keluarga terutama dalam menghadapi gaya hidup dan budaya baru.

Dalam wawancara dengan Media Komsos Ruteng, Ketua Komisi Keluarga P Frumens SMM menyatakan, pola komunikasi dan pendampingan anak dalam keluarga menjadi hal yang penting bagi perkembangan kepribadian anak. Dan itu mesti disesuaikan situasi dewasa ini yang sudah maju dengan pesat akibat globalisasi dan teknologi komunikasi.

“Perlu pemahaman dan keterbukaan. Juga apresiasi dan hukuman yang mendidik,” kata pater Frumens.

Peserta Kelas Musik Tradisional Manggarai mebampilkan hasil belajar mereka

Malam Pesta Perayaan Kreativitas

Rangkaian acara pada hari kedua ditutup dengan pesta kreativitas. Hasil proses belajar pada kelas-kelas kreativitas ditampilkan di panggung pentas dan disaksikan oleh seluruh pesrta camping.

Para peserta dari kelas Master of Ceremony (MC) tampil pertama dengan mengambil alih tugas untuk memandu acara. Menyusul tarian dari kelas menari dan tontonan video berita hasil belajar para peserta kelas jurnalistik.

Peserta camping membawakan lagu hasil latihan pada kelas Koor

Riuh sorak pujian dan tepuk tangan khas SEKAMI terdengar pada setiap akhir mata acara. Tampilan penuh semangat dan menarik oleh para pembawa acara memikat perhatian penonton sehingga dari awal hingga akhir acara tidak ada yang keluar dari aula utama Rumah Ret-ret Putri Karmel Wae Lengkas.