Komsos Ruteng July 9, 2019

Di tengah banyaknya informasi seputar kegiatan pastoral di paroki, Orang Muda Katolik harus menjadi kaum muda yang mahir dalam berbagai karya pelayanan pastoral. Hal ini diungkap oleh Pastor Paroki St Theresa Kalkuta Datak, Romo Benny Jaya, tatkala mengutus para peserta Diakonia Youth Camp Keuskupan Ruteng di Pastoran Paroki Datak pada Minggu, 7 Juli 2019.

Selaku pastor paroki, Romo Benny mengharapkan agar anggota OMK Paroki Datak yang diutusnya selain mahir dalam bidang Youtube dan Musik, juga mahir dalam bidang Reportase Pastoral. Menurut mantan Ketua PSE Keuskupan Ruteng itu, selama ini begitu banyak kegiatan pastoral menarik di Paroki Datak yang luput dari pemberitaan.

Akibatnya, informasi pastoral paroki seringkali tidak ditangkap secara baik oleh umat. Oleh karena itu, mantan Vikep Borong itu mengharapkan agar OMK yang mengikuti Diakonia Youth Camp tingkat Keuskupan Ruteng benar-benar mengikuti pelatihan reportase dengan serius sehingga nantinya bisa membantu reportase pastoral di paroki.

Paroki Datak mengutus 10 orang muda Youth Camp Keuskupan di Kuwu. Ini merupakan paroki dengan jumlah peserta terbanyak.

Dafriana Dangung, utusan OMK Paroki Datak mengaku bangga karena dipercayakan untuk mengikuti pelatihan reportase pastoral paroki. Mewakili kesembilan temannya, ia pun berkomitmen untuk mengikuti pelatihan secara serius sehingga bisa membantu karya pewartaan Gereja di paroki Datak dalam bidang reportase pastoral.

Kegiatan Diakonia Youth Camp berlangsung di St Klaus Kuwu pada tanggal 7 sampai 10 Juli 2019. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Komisi Kepemudaan Keuskupan Ruteng ini bertujuan untuk melatih 400 peserta dari paroki-paroki se-keuskupan Ruteng menjadi pengurus OMK yang mahir dalam berbagai bidang pastoral.

Dalam kegiatan tersebut, para peserta dibagi ke dalam dua belas kelas kreativitas, antara lain pertanian organik, musik, koor, dramatisasi Kitab Suci, Youtube, Youcat, Kewirausahaan, Menari, Teater, Fotografi, Public Speaking dan Reportase Pastoral. (Penulis: Darfiana Dagung/OMK Datak)