Press "Enter" to skip to content
Natal di Borong 2020

Natal di Paroki St. Gregorius Borong: Nikmatnya Kasih Allah

Perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2020 di Paroki St. Gregorius Borong mengikuti ketentuan Keuskupan Ruteng. Perayaan Ekaristi dilaksanakan di lima titik perayaan yaitu Gereja (aula) Golokarot, Kapela Borong, Kapela Warat, Kapela Peot dan Kapela Tanggo.

Setiap titik perayaan Ekaristi kecuali Kapela Tanggo melaksanakan perayaan Ekaristi sebanyak 2 kali saat Malam Natal, Hari Natal dan Pesta Keluarga Kudus, sebanyak 1 kali saat Pesta St. Stefanus, Tutup Tahun dan Tahun Baru.

Penerapan Protokol Covid 19 dilaksanakan secara baik. Setiap panitia di stasi menyiapkan perlengkapan Protokol kesehatan seperti air cuci tangan, pengukur suhu, menjaga jarak dan penggunaan masker. Pihak paroki dan stasi telah bekerja sama dengan tenaga kesehatan dari Puskemas Borong dan Puskemas Peot. Untuk melancarkan program ini, panitia dibantu oleh pihak keamanan dari Polres Manggarai Timur, TNI, Polsek Borong, Satpol PP, Dinas Perhubungan, PMI, OMK, dan THS-THM.

Hiasan Natal di Paroki St. Gregorius Borong 2020

OMK dan Pernak Pernik Natal

Untuk memeriahkan perayaan ini, OMK Paroki bersama Moderatornya RD Oriol telah mendesain dan mendekorasi Gereja dan Pastoran. Ornamen dan pernak pernik Natal telah dihiasi dengan elegan di gereja dan kapela.

Di gereja pusat, OMK membuat satu spot foto berlatar Natal. Hal ini tergolong baru pada tahun ini. Spot ini dibuat agar umat merasakan suasana Natal secara meriah. Selain itu, di gereja pusat, kandang natal dibuat bermotif rumah adat Manggarai secara simbol inkulturasi.

“Meskipun dalam suasana covid 19, panitia tetap berusaha agar makna perayaan Natal terasa indah. Semaksimal mungkin, kami memeriahkan dengan cara sederhana tetapi suasananya terasa luar biasa. Panitia ingin agar umat memaknai Natal sebagai bagian dari penguatan iman di tengah pandemi corona. OMK bekerja luar biasa dengan dekorasi yang unik dan menarik,” kata RD Leksi Hiro selaku Pastor paroki.

Sementara itu, Bpk. Ambros Arifin sebagai ketua panitia mengatakan persiapan Natal dan Tahun Baru berjalan dengan baik.

“Kami berupaya agar kedatangan Yesus selain persiapan batin, perlu juga perlu persiapan secara fisik dalam tampilan kemegahan pernak pernik Natal. Kami juga telah bekerja sama dengan beberapa pihak untuk membersihkan lingkungan gereja”, tegasnya.

Liputan: Ewant, Yoris, Handri, RD Oriol

Comments are closed.