Sheila Kongen July 31, 2019

Mahasiswa/i KKN Universitas Katolik Indonesia (UKI) Santu Paulus Ruteng melaksanakan kegiatan temu anak “Sekami” di Kapela Stasi Gerak, Desa Tanjung Boleng, Manggarai Barat, Minggu (28/07/2019). Selain akan-anak, kegiatan juga dihadiri oleh orang tua anak-anak itu.

Tema kegiatan temu anak Sekami adalah “Sekami dan Diriku”. Kegiatan bertujuan agar orang tua menyadari bahwa anak-anak bukanlah obyek Kabar Gembira, tetapi subyek Kabar Gembira. Artinya, anak-anak mampu menjadi rasul-rasul kecil atau sahabat-sahabat Yesus; anak-anak dengan tulus menolong temannya yang jauh lebih menderita; serta mereka mampu melakukan, motto Sekami “children helping children”, anak menolong anak. Anak-anak dapat membantu teman-temannya lewat semangat Sekami 2D2K(Doa, Derma, Kurban dan Kesaksian).

Kegiatan diawali dengan memberikan gambaran singkat tentang Sekami dan apa manfaat Sekami bagi tumbuh kembang anak, kemudian dilanjutkan dengan animasi dan permainan yang membuat suasana semakin seru.

Sukacita Injil dalam Keanekaragaman

Pukul 16.00 sore, mentari menyapa anak-anak dusun boleng yang beragama islam dalam kegiatan temu anak. Mereka juga sangat bersemangat selama kegiatan, walau ada beberapa anak yang masih malu-malu.

Kegiatan yang dilakukan adalah animasi perkenalan, sharing, permainan tradisional dan ditutup indah dengan lagu Indonesia Tanah Air Beta di pinggir pantai saat matahari mulai terbenam.

Melalui kegiatan ini, anak-anak diajak untuk percaya tentang apa yang akan dihadapi dan merasakan bahwa dalam Tuhan, mereka dapat melakukan apa saja. Tuhan bertindak dalam penyelenggaraan-Nya. Anak-anak harus berani keluar dari zona nyaman memberitakan dan berbagi sukacita injil dalam keanekaragaman.