Komsos Ruteng July 12, 2019

Keluarga merupakan lingkungan pertama bagi anak-anak tempat mereka bertumbuh kembang dalam berbagai aspek kehidupan. Karena itulah camping anak di waelengkas, 29 Juni sampai dengan 2 Juli 2019, menghadirkan utusan orangtua dari paroki-paroki sekeuskupan Ruteng. Didampingi oleh Komisi Keluarga Keuskupan, para orangtua itu mendiskusikan isu-isu aktual seputar pola asuh anak dalam keluarga-keluarga katolik.

Ketua Komisi Keluarga Keuskupan Ruteng P. Frumens SMM menyatakan komunikasi dalam keluarga sebagai salah satu topik perbincangan para orangtua pada Camping anak dan orangtua di Waelengkas. Tidak hanya komunikasi orangtua dengan anak, komunikasi antara ibu dan ayah juga membawa pengaruh bagi perkembangan kepribadian anak.

Video: Komkel Ruteng Bicara tentang Anak dan Komunikasi dalam Keluarga

“Jika suami dan isteri punya komunikasi dan relasi yang harmonis, itu juga berpengaruh pada relasi atau komuniasi dengan anak,” kata Ketua Komisi Keluarga Keuskupan Ruteng P Frumens SMM.

Pater Frumens juga menyatakan kehadiran Media komunikasi seperti televisi, telepon cerdas dewasa ini membawa pengaruh besar bagi keluarga. Media informasi itu bisa berdampak baik tetapi juga bisa membawa bencana.

“Contoh yang sederahana yaitu, ketika suami isteri sibuk dengan hp masing-masing. Anak juga sibuk dengan handphonenya sendiri. Ini sangat berpengaruh bagi kehidupan keluarga,” jelas Pater Frumens SMM.

Menghadapi tantangan khususnya kehadiran media informasi dan komunikasi dalam keluarga, Ketua Komisi Keluarga Keuskupan Ruteng memberikan tips-tips agar komunikasi dan relasi dalam keluarga tetap terjaga.

“Pertama, dialognya itu adalah komunikasi dari hati ke hati. Mendengar apa kata isteri, suami, apa kata anak, apa kata orangtua. Kedua, ada keterbukaan dan saling percaya antar suami isteri dan juga dengan anak. Komunikasi yang baik, jangan lupa memberi apresiasi. Dan akhirnya, komunikasi yang baik juga ditandai dengan ganjaran atau hukuman kecil terhadap kesalahan bagi orangtua maupun anak,” urai Pater Frumens SMM.