Sheila Kongen July 2, 2019

Sang mentari menyapa manis anak-anak Sekami dan orang tua peserta Jambore SEKAMI Keuskupan Ruteng yang sedang menunggu truk penumpang di depan Kapela Rumah Ret-ret Wae Lengkas, Senin (01/07/2019). Tepat pukul 8.00 mereka berangkat ke Leda untuk melakukan kegiatan study tour di kebun keuskupan.

Para peserta terdiri dari 5 kelompok yang merupakan gabungan dari beberapa paroki dan masing-masing rombongan didampingi oleh 3 orang yang dipanggil ‘Angel’. Sepanjang perjalanan, setiap rombongan yang berada di truk kayu melantunkan yel-yel dan lagu sekami.

Pukul 8.20 rombongan tiba di aula keuskupan baru di Leda. Di sana anak-anak dan orangtua belajar tentang pertanian organik, pembuatan pupuk, bedeng, biogas, dan penanaman. Hal ini dilakukan agar menanamkan dan menumbuhkan sejak dini cinta ekologis dalam diri anak.

Pukul 15.00 sukacita menaungi aula Wae lengkas. Ada jumpa misioner bersama anak-anak St. Damian Cancar. Lagu Laudato Si menyambut kehadiran anak-anak St. Damian Cancar.

Anak-anak dibagi ke dalam kelompok kecil dan pada masing-masing kelompok terdapat 2 sampai 3 orang anak disabilitas. Dalam kegiatan tersebut anak-anak diajarkan bagaimana cara bersyukur disetiap situasi dan harus mampu mengenal diri sendiri. Kekurangan adalah kelebihanmu.

Peserta Camping Anak dan Orangtua bersama rombongan anak St Damian Cancar

Sebagian anak-anak sekami dan damian cancar melakukan game ceria di depan kapela. Sukacita terjadi. Walau rintik-rintik membasahi tempat itu tapi tak menyurutkan semangat mereka tuk bermain. Sungguh nampak bahwa, Tuhan sungguh adil. Mereka semua sama dan sempurna.

Pukul 18.00 anak-anak damian cancar mempersembahkan beberapa buah lagu untuk menghibur para peserta sesudah itu. Kemudian, ada penyerahan bingkisan dari Romo Martin Chen dan Romo Servulus Juanda untuk anak-anak damian cancar.

Malam api unggun Camping Anak dan Orangtua di Waelengkas

Pukul 20.00 seluruh peserta mengikuti acara api unggun. Dalam acara ini para peserta membakar kertas harapan dan kecemasan ke dalam api sembari menyanyikan lagu api Kristus sudah menyala.