Komsos Ruteng June 21, 2019

Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch. Dula kembali mengungkapkan komitmen untuk menjalin kerja sama dengan Gereja Katolik dalam pengelolaan sekolah-sekolah swasta di wilayah Manggarai Barat. Pemerintah, kata dia tetap setia mengurus pendidikan swasta.

“Pemerintah tetap berdiri di depan, berdiri di samping untuk membantu. Pemerintah tetap setia mengurus pendidikan swasta. Kita membangun kerjasama untuk mengurus pendidikan di kabupaten kita,” kata Dulla dalam sambutan pada pembuka Konferensi Sekolah-Sekolah Katolik Flores dan Lembata di Hotel Green Prundi Labuan Bajo (20/06/2019) malam.

Bupati Dula menyatakan, penyelenggaraan konferensi yang melibatkan pengelola sekolah-sekolah swasta katolik sedaratan Flores dan Lembata sebagai tanda adanya kesadaran bersama akan sejumlah persoalan yang sedang terjadi dan keinginan bersama untuk memajukan dunia pendidikan.

“Maka secara bersama-sama, konferensi ini harus bisa mengkaji masalah-masalah pendidikan katolik hingga bisa mengembalikan identitas pendidikan katolik yang sebenarnya dari derasnya arus zaman. Maka kita mesti membangun cara dan metode untuk meningkatkan mutu pendidikan katolik kita,” ungkap Bupati Dula.

Konferensi Sekolah-Sekolah Katolik Flores dan Lembata diselenggarakan oleh Majelis Nasional Pendidikan Katolik. Pertemuan selama tiga hari ini mengangkat tema “Identitas Sekolah Katolik Flores Lembata di tengah Tantangan Era Industri 4.0.

Selain menjawab tantangan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, konferensi ini mau menggali persoalan yang sedang terjadi dalam penyelenggaraan pendidikan di Flores dan Lembata beberapa tahun terakhir yang menyebabkan kualitasnya menurun jauh jika dibanding dengan tahun-tahun lampau.

Konferensi dihadiri oleh utusan dari empat keuskupan di Flores yang terdiri atas Majelis Pendidikan Katolik (MPK), Yayasan, Kepala Sekolah dan guru di sekolah-sekolah katolik. Pertemuan juga dihadiri oleh utusan dari Dinas Pendidikan dan Departemen Agama dari kabupaten-kabupaten sedaratan Flores dan Lembata.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*