Komsos Ruteng March 30, 2019

Caritas Keuskupan Ruteng kembali menyalurkan bantuan kepada umat di lokasi bencana longsor dan banjir Manggarai Barat, Rabu (26/03/2019). Selain umat di Ceko Nobo yang mengalami bencana longsor, bantuan juga disalurkan kepada para korban banjir di Desa Golo Pongkor dan Macang Tanggar. Ikut bersama team Caritas Keuskupan, yaitu Vikep Labuan Bajo, komunitas Sunrise Camp Indonesia, San Edigio Labuan Bajo, dan OMK Paroki Roh Kudus Labuan Bajo.


Komunitas Sunrise Camp Indonesia melakukan kegiatan dalam rangka trauma healing bagi anak-anak di Ceko Nobo

Sebanyak tiga orang muda dari komunitas Sunrise Camp Indonesia melaksanakan kegiatan trauma healing bagi anak-anak di kampung Ceko Nobo. Tiba pukul 11 siang, mereka disambut oleh ratusan anak yang telah menunggu di sekolah. Kemudian dengan bantuan para guru, mereka mendampingi anak-anak itu dalam sejumlah permainan kreatif hingga sore hari.

Sementara itu, team lainnya menyalurkan bantuan beras, mie instan, dan minyak goreng kepada umat di Desa Golo Pongkor dan Macang Tanggar. Sebanyak 31 keluarga di Desa Golo Pongkor menerima bantuan itu di kantor desa setempat. Di Desa Macang Tanggar, penyerahan bantuan dilakukan di kampung Weor kepada 48 keluarga korban bencana banjir.

Vikep Labuan Bajo Rm Rikar Manggu Pr

Kepada para penerima bantuan di Desa Golo Pongkor, Vikep Labuan Bajo Rm Rikard Manggu Pr menyatakan bantuan yang disalurkan itu sebagai ungkapan cinta yang melampaui batas-batas agama.

“Bantuan itu ungkapan cinta dari banyak orang yang diberi melalui Gereja Katolik. Akan tetapi, bantuan itu sama sekali tidak memandang batas agama. Namanya urusan kemanusiaan. Siapa pun dia, kita bantu,” ungkap Vikep Labuan Bajo yang disambut dengan tepuk tangan para keluarga penerima bantuan.

Ia mengajak masyarakat setempat untuk terus membangun kerja sama agar penyaluran bantuan mencapai sasaran yang tepat.
“Karena itu jangan takut. Di sini ada Kepala desa dan stafnya yang akan mengatur dengan baik,” kata Romo Rikard Manggu.

Direktur Caritas Keuskupan Ruteng Rm Yuvens Rugi Pr

Pada kesempatan yang sama, Direktur Caritas Keuskupan Ruteng Rm Yuvens Rugi Pr menjelaskan bantuan yang disalurkan sebagai hasil dari aksi solidaritas umat di seluruh wilayah keuskupan Ruteng.

“Ada 86 Paroki di Keuskupan ini yang dengan penuh semangat mengumpulkan aksi solidaritas. Dan kami menyalurkannya kepada keluarga-keluarga yang menjadi korban,” kata Romo Yuvens.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*