Fr Albertus Dino OFM February 5, 2019

Siswa-siswi SMP Kemasyarakatan Ndoso mengikuti latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar (LKTD) yang bertema “Mewujudkan Kepemimpinan yang Berkepribadian Trampil dan Disiplin” oleh para mahasiswa yang tergabung dalam Organisasi Ikatan Mahasiswa Pelajar Manggarai (IMPELMA) Ende di aula paroki Fransiskus Assisi, Tentang, Manggarai Barat, NTT (1/2/2019).

Kegiatan pelatihan ini hanya salah satu bagian dari serangkaian kegiatan kunjungan mereka di Desa Tentang.

IMPELMA merupakan organisasi lokal yang lahir pertama di kabupaten Ende pada 5 Maret 2006 yang berdomisili di Ende. Anggota yang bergabung dalam organisasi ini adalah mahasiswa yang berasal dari Manggarai yang mencakup manggarai Barat, Manggarai Tengah dan Manggarai Timur.

IMPELMA hadir di Tentang dalam rangka memberikan pemahaman dan kesadaran kepada masyarakat tentang upaya dan tanggung jawab mahasiswa dalam memperjuangkan eksistensinya sebagai generasi penerus, menggali informasi dan masalah yang mengancam integritas kehidupan masyarakat dari dinamika zaman untuk dijadikan bahan refleksi yang kemudian memberikan solusi yang solutif serta mampu memberikan kontribusi yang positif. Hal tersebut diungkapkan oleh ketua IMPELMA dalam sambutannya.

“Pada hari ini, para Mahasiswa Pelajar Manggarai (IMPELMA) hendak membagikan ilmu yang sudah kami dapatkan di kampus dan kami hendak bagikan di sini melalui kegiatan pelatihan kepemimpinan pada tingkat dasar. Dan kegiatan ini bertujuan untuk membangun dan memupukkan rasa persaudaraan antara mahasiswa dan para siswa dan juga dengan para guru di SMPK Ndoso. Tujuan yang lain adalah untuk belajar bagaimana hidup di tengah masyarakat,” ungkap Adrianus Adu.

Walaupun kegiatannya cukup padat, mulai pukul 08.30 sampai 01.30 WITA. Tetapi siswa-siswi masih sangat antusias dalam mengikuti seluruh kegiatan tersebut. Hal itu terlihat dari dari pertanyaan yang mereka berikan kepada para pemateri.

Dalam kesempatan itu hadir juga ketua Yayasan Fransiskus Ndoso, Bruder Damasus Lekan Ujan OFM. Dalam sambutanyan, dia mengatakan bahwa kegiatan kunjungan IMPELMA merupakan bagian dari implementasi dari tridarma Perguruan Tinggi.

“Kehadiran para mahasiswa di hadapan kita saat ini merupakan perwujudan tridarma Perguruan Tinggi. Ada tiga yang mau mereka bagikan kepada kita sebagai bagian dari implementasi tugas dari Perguruan Tinggi. Yang pertama berkaitan dengan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Kita juga bagian dari masyarakat dan hari ini, mereka mau mengedukasi, mau mendidik, dan mau membimbing kita sehingga kita bisa menimba, menerapkan apa yang bisa kita terima dan kita wujudkan dalam kehidupan kita,” ungkap Bruder Damasus Lekan Ujang OFM.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*