Fr Albertus Dino OFM January 16, 2019

Dalam rangka menyambut HUT yang ke-48, SMPK Ndoso mengadakan lomba cerdas cermat dan fashion show dengan tema “Mencintai keberagaman budaya Manggarai.” Perlombaan ini diikuti oleh siswa-siswi SMPK Ndoso dan berlangsung di aula paroki St. Fransiskus Assisi pada Senin (14/01/2019).

Semua siswa dibagi dalam 10 kelompok dan setiap kelompok didampingi oleh dua guru. Untuk lomba cerdas cermat diikuti oleh tiga orang dari setiap kelompok sedangkan lomba fashion show dikuti oleh empat orang dari setiap kelompok, dua pria dan dua wanita.

Walaupun hujan dan angin menerpa lembah SMPK Ndoso, namun antusias dan semangat para siswa tak pernah lelah. Suara sorak-sorai para siswa dari pendukung setiap kelompok mampu mengalahkan suara angin dan hujan yang tak henti membasai lembah Tentang hingga sore hari.

Perlombaan ini berlangsung sangat alot, dimulai dengan lomba cerdas cermat lalu kemudian dilanjutkan dengan lomba fashion show. Lomba cerdas cermat terdiri atas dua babak. Pertama, babak wajib dan kedua, babak rebutan. Pada babak wajib, setiap kelompok mendapat 10 pertanyaan. Dari 10 pertanyaan itu, masing-masing 2 pertanyaan tentang pelindung sekolah; St. Fransiskus Assisi, pendiri sekolah; Pater Florianus Laot OFM, Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Sedangkan babak rebutan hanya mempunyai lima pertanyaan.

Setelah perlombaan cerdas cermat selesai, kemudian dilanjutkan dengan lomba fashion show. Hal yang menarik dari perlombaan ini adalah mengangkat tema budaya Manggarai. Semua peserta harus menggunakan pakaian budaya Manggarai dan lagu yang mengiringi peserta berjalan di catwalk adalah lagu Manggarai. Dan setiap kelompok yang tampil akan diberikan tiga pertanyaan tentang arti atau makna pakaian yang dipakai orang manggarai pada saat upacara adat Manggarai.

Ini merupakan salah satu bentuk kepedulian SMPK Ndoso terhadap nilai-nilai budaya yang terdapat dalam budaya Manggarai. Nilai-nilai tersebut harus ditanamkan kepada anak-anak supaya mereka tidak lupa dengan budaya mereka sendiri. Hal tersebut ditegaskan oleh kepala SMPK Ndoso, Bruder Rahmat OFM.

“Dalam menyambut HUT Sekolah kita, SMPK Ndoso yang ke-48. Kali ini kita mengambil tema Mencintai keberagamaan budaya Manggarai. Tema ini diambil supaya kita tidak lupa dengan budaya kita sendiri. Kita harus bangga dengan budaya kita dan salah satu cara kita menghargai keberagaman budaya itu adalah dengan kegiatan seperti ini. Karena itu, saya mengucapkan terima kasih kepada semua yang telah mengambil bagian dalam seluruh kegiatan ini sehingga kegiatan ini bisa kita laksanakan hari ini,” ungkap Kepala SMPK Ndoso dalam sambutannya.

Salah satu peserta lomba Fashion show mengungkapkan kebahagiaannya karena bisa terlibat dalam perlombaan tersebut.

“Saya sangat senang dan bahagia dengan kegiatan lomba fashion show ini. Memang waktu saya tampil tadi, saya merasa gugup tetapi saya senang karena melalui kegiatan ini saya dilatih supaya bisa tampil percaya diri di depan orang banyak,” ungkap Aci, salah satu peserta lomba fashion show.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*