Komsos Ruteng November 20, 2018

Tahun 2018 hampir berakhir. Saatnya karya pastoral di bidang persekutuan yang menjadi fokus karya pastoral pada tahun itu dievaluasi. Direktur Pusat Pastoral Keuskupan Ruteng Rm. Martin Chen Pr menjelaskan hal-hal yang diperhatikan yaitu keterlaksanaan program, pemanfaatan potensi-potensi yang ada di Paroki, dampak bagi umat, dan keberlanjutan program.

Dalam pengantar evaluasi pada pertemuan Kevikepan Ruteng di Paroki Wangkung, Selasa (20/11), Romo Chen memberi penekanan pada dampak program bagi umat yang dilayani dan keberlanjutanya pada waktu yang akan datang. Aneka program dan kegiatan dalam rangka membangun persekutuan mestinya membawa dampak bagi kelompok yang dilayani dan bagi Gereja secara keseluruhan.

“Banyak yang telah kita buat, bagi KBG misalnya, apakah ada perubahan yang terjadi? Perubahan, tentu pertama-tama pada umat KBG itu sendiri. Kemudian, sejauh mana perubahan pada KBG itu membawa pengaruh bagi kehidupan umat paorki seluruhnya. Cara yang sama juga kita gunakan untuk mengevaluasi kegiatan-kegiatan OMK; apa hasil atau dampak dari program kita bagi OMK sendiri dan bagaimana dampaknya bagi kehidupan umat paroki secara keseluruhan,” urai Romo Chen.

Terkait keberlanjutan program, lanjut Direktur Puspas itu, karya pastoral pada bidang persekutuan umat tidak berhenti dengan selesainya tahun persekutuan 2018. Fokus karya pastoral pada bidang tertentu dilaksanakan tanpa mengabaikan aspek-aspek lain dari kehidupan Gereja. Segala hal yang berkaitan dengan KBG, contohnya, juga diteruskan pada tahun-tahun berikutnya. Demikian juga perhatian pada orang muda dan kelompok-kelompok umat lainnya.

“Karena itu selalu ditanya dalam evaluasi, bagaimana keberlanjutan program-program kita,” kata Romo Chen.

Seperti tahun sebelumnya, evaluasi akhir karya pastoral dilaksanakan dalam pertemuan di empat Kevikepan. Hari pertama evaluasi diisi dengan pembahasan program dan kegiatan pastoral. Kemudian, pada hari kedua, evaluasi membahas secara khusus keuangan paroki.

Pertemuan Pastoral Kevikepan Ruteng di Paroki Wangkung, Selasa (20/11/2018)

Kevikepan Ruteng mendapat giliran pertama penyelenggaraan evaluasi, yaitu di Paroki Wangkung, Selasa (20/11) sampai Rabu (21/11). Evaluasi juga akan dilaksanakan di Kevikepan Borong, Labuan Bajo dan Reo.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*