Richardus Barat November 18, 2018

Para siswa SMP dan SMA Seminari Pius XII Kisol mengadakan live in di Paroki Kristus Raja Pagal Sabtu (17/11) sampai Selasa (20/11). Pastor Paroki Pagal Pater Albertus Magnus Davidis Watan Lasar OFM menceritakan kegiatan – kegiatan yang mereka laksanakan bersama umat selama live in empat hari itu.

Tiba Sabtu sore, para siswa diterima secara adat oleh Pastor bersama Dewan Paroki dan umat. Kemudian mereka dibagi ke Kelompok Basis Gerejani (KBG) tempat mereka menginap di rumah-rumah umat.

“Tidak semua wilayah dan KBG yang mendapat kunjungan siswa seminari. Sesuai dengan jumlah siswa,” kata Pastor Paroki Pagal Pater Albertus, Sabtu (17/11) sore.

Pastor Paroki Kristus Raja Pagal Pater Albertus Magnus Davidis Watan Lasar OFM

Minggu (17/11), lanjut Pater Albertus, para siswa seminari menanggung liturgi pada misa hari Minggu di Gereja Paroki. Kemudian mereka akan melawan tim paroki dalam pertandingan sepak bola. Minggu malam akan diadakan shering bersama di KBG tempat mereka menginap.

Senin siang, para siswa kelas II mengikuti pelajaran di sekolah. Siswa lainnya melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan di sekitar rumah umat, di sumber mata air.

Rangkaian kegiatan diakhiri dengan pentas seni oleh para siswa seminari, Senin malam. Mereka kembali ke Seminari pada Selasa pagi.

Melalui kunjungan ini, Pastor Paroki Pagal itu berharap, umat paroki disadarkan tentang pentingnya pendidikan khususnya pendidikan calon imam. Muncul kesadaran dalam diri umat bahwa gembala dalam Gereja itu masih dibutuhkan sehingga orang-orang tua dan keluarga bisa mendukung anak yang melanjutkan pendidikan di seminari atau bercita-cita menjadi biarawan, biarawati dan imam.

“”Khusus anak-anak, misdinar, sekami, anak-anak SD, mereka bisa mendengar cerita langsung dari para siswa seminari sehingga benih panggilan atau ketertarikan itu bisa muncul,” kata dia.

Selain itu, sebagai wujud dari tahun persekutuan, Pater Albertus berharap kunjungan ini meningkatkan semangat umat dalam membangun persekutuan gereja. Kunjungan para siswa seminari di tengah keluarga dan aneka kegiatan yang dilaksanakan dapat mendorong semangat untuk berkumpul dan berbagi cerita.

“Melalui kunjungan ini umat bisa saling berbagi cerita dengan para romo dan siswa seminari supaya mereka lebih lagi bersemangat dalam hidup menggereja,” tutup Pater Albertus OFM.

Kepok Penerimaan: Para siswa Seminari disambut secara adat oleh umat Paroki Pagal

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*