Ernus Mami October 5, 2018

Utusan Orang Muda Katolik (OMK) dari 18 paroki di Kevikepan Borong mengikuti camping di kompleks Paroki St. Gregorius Borong, 4 – 6 Oktober 2018. Kegiatan tiga hari ini mengangkat tema “OMK Kevikepan Borong yang sehati dan sejiwa dalam peziarahan”.

Ketua OMK Kevikepan Borong Roy Ganar menjelaskan, sebanyak 280 Orang Muda Katolik yang ikut dalam Camping ini. Mereka diutus dari dari 18 paroki Sekevipan Borong.

“Jumlah seluruh peserta 280 orang dari 18 paroki dan untuk penginapan seluruh peserta camping menginap tenda-tenda yang sudah disiapkan oleh panitia di lapangan paroki St.Gregorius Borong,” jelas Roy.

Dibuka Oleh Administrator Apostolik Mgr Silvester San

Tiba di Borong pada Kamis (04/10), pukul 16.00 Wita, Administrator Apostolik Keuskupan Ruteng bersama rombongan diterima secara adat Manggarai ” Kepok Tuak ” oleh tokoh adat kecamatan Borong John Brigmans yang ditandai dengan pengalungan selendang adat Manggarai. Selanjutnya, mereka diarak dengan tarian adat Manggarai menuju pastoran Paroki ST. Gregorius Borong untuk istirahat sejenak.

Penyambutan Administrator Apostolik Keuskupan Ruteng (Foto: Humas Polres Manggarai)

Turut hadir: Vikjen Keuskupan Ruteng Rm. Alfons Segar Pr,  Vikep Borong Rm Simon Nama Pr, Pastor Paroki Borong Rm. Yohanes Mustaram Pr, Biarawan/ Biarawati dan peserta OMK dari 18 paroki seKevikepan Borong yang berjumlah kurang lebih 300 orang.

Pukul 17.00 wita, camping OMK dimulai dengan Misa yang dipimpin oleh Uskup Silvester San. Dalam kotbah, Administrator Apostolik keuskupan ruteng menyatakan, OMK Kevikepan Borong harus menjadi orang kristen sejati dan OMK Kevikepan Borong harus saling tolong menolong tanpa mempedulikan suku, agama sesuai hukum “cinta kasih”.

Misa Pembukaan Camping (Foto: Humas Polres Manggarai)

Camping rohani OMK Kevikepan Borong, lanjut Mgr Silvester, diharapka dapat berjalan dengan baik dan dapat membangun persatuan, solidaritas seluruh OMK serta bermanfaat dalam membina diri menjadi pemimpin masa depan bagi gereja dan negara dan semoga OMK menjadi orang Kristen sejati.

Bangun Persekutuan Lintas Agama

Hari ke II camping OMK se-Kevikepan Borong, Jumat (05/10), diisi dengan dialog lintas agama. Hadir pada acara ini beberapa pembicara dari berbagai agama diantaranya Vikep Borong Rm. Simon Nama Pr, Pastor paroki St. Gregorius Borong Rm John Mustaram Pr, Rm. Max Regus Pr, Haji Saifudin Ali, pendeta Urbanus Uli Beo dan Pendeta Alfens Kerundeng, orang muda dari lintas agama serta beberapa imam dari berbagai paroki yang ikut dalam camping ini.

Dialog lintas agama pada hari kedua camping OMK Kevikepan Borong, Jumat (05/10/2018)

Vikep Borong Rm. Simon Nama, Pr menjelaskan keberagaman merupakan karunia Allah yang paling indah. Orang-orang muda harus menjaga keberagaman di NKRI.

“Saya berharap para orang muda harus memelihara, menjaga dan menghormati keberagaman yang ada, karena keberagaman merupakan karunia Tuhan yang paling indah.

Camping OMK dan Temu Pemuda Lintas Agama Kevikepan Borong merupakan yang terakhir di keuskupan Ruteng. Sebelumnya, kegiatan yang sama diselenggarakan di Kevikepan Reo,kevikepan ruteng dan kevikepan labuan bajo.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*