Fr Albertus Dino OFM September 30, 2018

Mengisi Tahun Persekutuan 2018, Keuskupan Ruteng kembali menyelenggarakan camping rohani Orang Muda Katolik (OMK). Kali ini camping OMK untuk Kevikepan Labuan Bajo dengan tema “Bersatu Dalam Kebhinekaan Membangun Persaudaraan Kaum Muda yang Sejati.” Kegiatan tiga hari ini dilaksanakan di kompleks paroki Roh Kudus Labuan Bajo,27-29 September, dan diikuti oleh perwakilan OMK dari 19 paroki Kevikepan Labuan Bajo.

Perjumpaan OMK ini diawali dengan Perayaan Ekaristi kreatif yang dipimpin oleh Rm. Robert Pelita Pr selaku Romo Vikep kevikepan Labuan Bajo dan didampingi oleh beberapa imam konselebran, di Gereja Roh Kudus Labuan Bajo, Kamis (27/9).

Dalam kesempatan itu, Romo Vikep Kevikepan Labuan Bajo, Rm. Robert Pelita, Pr mengingatkan para peserta tentang tema persekutuan sebagai perhatian utama karya pastoral Keuskupan pada tahun 2018.

“Persekutuan sejati itu hanya mungkin kalau didasari oleh semangat cinta kasih. Dan Keuskupan Ruteng mengambil tema ‘sehati sejiwa’ yang diambil dari semangat Gereja Perdana. Mereka hidup bersatu karena hidup mereka didasarkan atas semangat cinta kasih yang tulus,” Ungkap Romo Vikep Kevikepan Labuan Bajo.

Semangat cinta kasih yang tulus ini, lanjut Rm Robert, yang diterapkan oleh Gereja perdana berangkat dari semangat Yesus Kristus sendiri. Dia rela meninggalkan kemuliaan surgawi dan turun mengalami kehidupan kita sebagai manusia, karena Dia peduli terhadap nasib hidup kita. Dia membongkar sekat antara surga dan bumi.

“Semangat inilah yang harus kita bangun dalam persekutuan kita bersama. Kita harus membangun persekutuan di atas dasar semangat cinta kasih,” ungkapnya.

Lebih lanjut, mantan Preses seminari St. Yohanes Paulus II ini mengatakan bahwa semangat persekutuan ini hendaknya tidak bertumbuh dan berkembang dalam lingkup Gereja sendiri saja tetapi harus mengalir keluar, mengalir kepada sesama kita, kepada saudara-saudari yang beragama lain.

“Kepedulian kita bukan saja bertumbuh dan berkembang dalam ruang lingkup sesama saudara kita yang agama katolik tetapi juga harus mengalir keluar, harus membuka sekat-sekat suku, ras dan agama,” tegasnya lagi.
Ketua Komisi Kepemudaan Keuskupan Ruteng, Rm. Benny Denar Pr menyampaikan maksud dari kegiatan camping rohani, yaitu dalam rangka merayakan tahun persekutuan tingkat Keuskupan Ruteng dan dalam menyatukan OMK se-keuskupan Ruteng.

Mantan Seminari St. Yohanes Paulus II angkatan 2006 ini menyampaikan harapan kepada semua OMK dengan mengutip pesan Paus Fransiskus bagi Hari Orang Muda Katolik tahun 2018.

“Dengan kegiatan seperti ini, hendaknya kita sekalian, Orang Muda Katolik (OMK) mendapat tempat yang istimewa dalam gereja, dan paus Fransiskus berkata hai kamu, orang muda, yakinlah ada orang yang percaya bahwa Tuhan percaya kepadamu, Gereja percaya kepadamu dan paus pun percaya kepadam. Saya pun yakin, teman-teman dipercaya oleh Tuhan, dipercaya oleh Gereja untuk menjadi Orang Muda Katolik yang baik,” tegas Romo Beni Denar.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*