Komsos Ruteng July 10, 2018
Administrator Apostolik Keuskupan Ruteng Mgr Silvester San, Bupati Manggarai, dan tokoh tokoh agama bersama perwakilan orang muda lintas agama, usai membacakan deklarasi perdamaian dan persaudaraan di Kompleks SMAK Gregorius Reo, Selasa (11/07/2017)

 

Camping Orang Muda Katolik (OMK) dan Dialog Pemuda Lintas Agama Kevikepan Reo ditutup dengan pembacaan deklarasi perdamaian oleh orang muda lintas agama dan pelepasan burung merpati oleh Administrator Apostolik Keuskupan Ruteng, Mgr. Silvester San Bupati Manggarai Kamilus Deno. Selebrasi penutupan ini dilaksanakan pada Selasa (11/07/2018) malam.

Utusan orang muda dari setiap agama membacakan lima butir deklarasi secara bersama-sama di panggung. Sementara itu, seluruh peserta yang hadir memegang bentangan pita berwarna warni.

Usai pembacaan deklarasi, perwakilan pemuda lintas agama menyerahkan naskahnya kepada Administrator Apostolik Mgr. Silvester San sebagai wakil tokoh agama dan kepada Bupati Manggarai Kamilus Deno sebagai pejabat pemerintah. Acara kemudian dilanjutkan dengan pelepasan burung merpati oleh Uskup San.

Vikep Reo Rm. Herman Ando Pr menjelaskan, pita warna-warni merupakan simbol keragaman. Bentangan pita dipegang secara bersama-sama sebagai lambang komitmen para peserta untuk memelihara harmoni dan toleransi di tengah keberagaman.

Sementara pelepasan burung merpati, lanjut Romo Herman, merupakan lambang perutusan para peserta Camping OMK dan Dialog Pemuda Lintas Agama Kevikepan Reo. Mereka akan pergi sebagai duta perdamaian dan toleransi di lingkungan mereka masing-masing.

Berikut adalah kutipan lengkap deklarasi orang muda lintas agama yang dibacakan pada penutupan Camping Orang Muda Katolik (OMK) dan Dialog Pemuda Lintas Agama Kevikepan Reo.

DEKLARASI ORANG MUDA LINTAS AGAMA

KAMI, ORANG MUDA LINTAS AGAMA,
DALAM KESADARAN AKAN KEBHINEKAAN,
DENGAN INI MENYATAKAN DEKLARASI PERDAMAIAN DAN PERSAUDARAAN

1. KAMI MENGHORMATI PERBEDAAN AGAMA, SUKU DAN RAS
SEBAGAI KEKAYAAN PERSAUDARAAN DAN KEBERSAMAAN KAMI

2. KAMI MENGHORMATI DAN MENJAGA KEUTUHAN ALAM DAN CIPTAAN
SEBAGAI BERKAT DALAM HIDUP KAMI, ALAM SEBAGAI IBU BAGI KAMI

3. KAMI BERJANJI MENGHORMATI BUDAYA KEHIDUPAN
DAN MENOLAK DENGAN TEGAS BUDAYA KEMATIAN.

4. KAMI MEMBANGUN GERAKAN UNTUK SALING BERGANDENG TANGAN
DALAM KEHIDUPAN BERSAMA DI TENGAH MASYARAKAT,
DALAM TUGAS DAN KARYA KAMI MASING-MASING

5. KAMI BERTEKAD MENJADI GENERASI MUDA
YANG CERDAS, BERIMAN DAN BERKARAKTER
DI TENGAH KEMAJUAN ZAMAN DENGAN SEGALA DAMPAKNYA

SAMBIL MEMOHON RAHMAT DAN BERKAT TUHAN YANG MAHA ESA
DEKLARASI PERDAMAIAN INI KAMI BUAT SEBAGAI TEKAD DAN GERAKAN BERSAMA
MENUJU MASYARAKAT YANG DAMAI, BERSAUDARA, DAN BERKARAKTER

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*