Komsos Ruteng June 8, 2018
Direktur Puspas Rm Martin Chen, Pr dan Pastor Paroki Langke Majok Rm Ardus Noveri Pr bersama pengurus KBG dan Umat Wilayah III Paroki Langke Majok usai misa, Rabu (06/06/2018) malam.

Hari sudah larut malam tetapi umat Wilayah Tiga, Paroki St. Pio Langke Majok, masih berkumpul di bawah tenda sederhana, Rabu (06/06/2018). Obrolan ringan dan pidato yang lucu silih berganti dengan gelak tawa umat usai merayakan misa. Dinginnya udara malam pun terusir. Rasa kantuk juga tertahan.

Seperti biasa kalau ada misa, makanan yang tersaji malam itu memang disiapkan secara khusus, layaknya pesta kecil. Ada juga suguhan kopi dan sopi khas Manggarai. Tidak heran jika yang berbicara tampak lebih bersemangat. Yang mendegar juga makin menikmati pembicaraan.

Tidak hanya jamuan makan malam, perayaan misa malam itu disiapkan lebih istimewa dari misa-misa sebelumnya. Ada koor yang sudah jauh hari berlatih. Biasanya, tidak semua umat terlibat dan misa didakan di rumah saja. Akan tetapi kali ini, semua ambil bagian sehingga perayaan dilaksanakan di bawah tenda. Sementara para bapak membangun tenda dan mengisi perlengkapan kursi di dalamnya, ibu-ibu menyiapkan makanan.

“KBG bukanlah sebuah kelompok administrasi atau pengumpul iuran Gereja mandiri tetapi persekutuan murid-murid Yesus yang hidup Persis inilah yang tampak dalam perayaan malam ini,” kata direktur Puspas Rm Martin Chen, Pr dalam kotbah.

Romo Chen sengaja diundang oleh Pastor Paroki Langke Majok untuk memimpin perayaan Misa malam itu. Dengan tema “Kobarkan karunia Allah yang ada padamu” (1Tim 1:6), misa dirayakan dalam rangka pelantikan pengurus-pengurus KBG di Wilayah Tiga, Paroki Langke Majok.

Dalam perayaan, sebanyak 21 orang pengurus 3 KBG mengikrarkan janji untuk melayani umat komunitas basis dengan setia dan penuh tanggung jawab. Selain kepengurusan inti ketua, sekretaris dan bendahara, setiap KBG dilengkapi oleh seksi pewartaan, liturgi, diakonia d persekutuan.

Pastor Paroki Rm. Ardus Noveri, Pr mengungkapkan, kegiatan pelantikan pengurus KBG ini merupakan bagian dari program penguatan KBG dalam tahun persekutuan 2018 keuskupan Ruteng.

“Penguatan struktur KBG ini mendorong partisipasi umat yang lebih intensif dan mengatasi “kerja seorang diri” ketua KBG,” kata Rm Ardus yang juga hadir pada acara malam itu.

Menurut koordinator Wilayah Tiga, Yohanes Maji, pelantikan pengurus KBG dalam perayaan Ekaristi sangatlah penting untuk menyadarkan panggilan dan menguatkan komitmen pelayanan pengurus KBG. Hal ini sangatlah mendesak dalam dunia yang semakin materialistis dan egoistis. Pengurus KBG dituntut untuk mengorbankan “waktu, materi dan juga perasaan”.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*