Komsos Ruteng June 1, 2018
Umat Paroki Reo berdoa Rosario di Gua Maria Torong Besi pada penutupan bulan Maria, Kamis (31/05/2018). Foto: Humas Polres Manggarai

Hari terakhir bulan Mei, bulan devosi kepada Bunda Maria, beragam acara dilakukan kelompok-kelompok umat dan paroki di wilayah Keuskupan Ruteng. Di antaranya, berziarah ke Gua Maria dan berkumpul di rumah adat. Berikut adalah perayaan penutupan Bulan Maria di Paroki Reo dan Ranggu.

Di Paroki Sta. Maria Ratu Rosari Reo, ribuan umat merayakan penutupan bulan Maria di Gua Maria dan kapela Torong Besi. Kegiatan diawali dengan ibadat Rosario yang dipimpin oleh Pastor Paroki Reo Rm Ferdi Gadu Pr., dan dilanjutkan dengan misa di halaman Kapela Torong Besi yang dipimpin oleh Vikep Reo Rm Herman Ando Pr.

Dikawal tim keamanan Polsek Reo, rombongan umat bergerak dari Paroki Reo pukul 14.30 Wita dengan menggunakan 50 unit kendaraan roda dua, 16 unit kendaraan roda empat dan kendaraan roda enam 8 unit.

Rombongan tiba di Gua Maria Torong Besi pada pukul 15.15 Wita dan langsung berjalan kaki ke Gua Maria yang letaknya di bukit untuk mengikuti Doa Rosario. Usai Rosario, mereka berpindah lokasi ke halaman gereja, tepat di bibir pantai, temoat perayaan ekaristi dilaksanakan.

Ziarah rohani dalam rangka penutupan bulan Maria ini berjalan aman dan kondusif. Pengamanan seluruh kegiatan dilakukan oleh Personil Polsek Reo, Koramil 1612-03 Reo, Dinas Perhubungan Kecamatan Reok dan Sat Pol PP Kecamatan Reok.

Di tempat lainnya, Paroki Ranggu mendapat tamu istimewa pada perayaan Misa Penutupan Bulan Maria yang sekaligus menjadi Misa tematis Tahun Persekuan di Hekang Gendang Ranggu, Kamis (31/05/2018) malam. Wakil Bupati Manggarai Barat hadir pada acara itu.

Wakil Bupati Manggarai Barat Maria Geong membawakan sambutan pada acara penutupan Bulan Maria di rumah Hekang Gendang Ranggu, paroki Ranggu, Kamis (31/03/2018).

Maria Geong memberikan motivasi kepada warga dan umat Ranggu dalam upaya meningkatkan kehidupan ekonomi. Sesuai dengan kondisi alam yang ada, ia mengajak warga untuk menanam sayur, mengolah kebun kopi, dan beternak ayam.

Perayaan mengangkat tema “Menjadi Maria-Maria Jaman Now: saling berbagi kegembiraan dari keterbatasan”, dan dimeriahkan oleh koor OMK TRINITAS RANGGU.

Sebelumnya, siang hari yang sama, Misa Penutupan Bulan Maria sekaligus memeriahkan Tahun Persekutuan Keuskupan Ruteng 2018 dirayakan umat Stasi Golo Ko, di Gua Maria Penghibur Orang Berdukacita Golo Ko.

Perayaan mengangkat tema MEREKA SEHATI SEJIWA: Membangun Persekutuan Kasih dalam Semangat Kerendahan Hati Bunda Maria.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*