Komsos Ruteng May 20, 2018
Umat Paroki St. Klaus Kuwu menerima Administrator Apostolik Keuskupan Ruteng Mgr. Silvester San dan rombongan di depan Gereja Paroki, Minggu (20/05/2018). Foto: Ferdy Pangor/Komsos Ruteng

 

Perayaan Pentakosta 2018 di Paroki St. Klaus Kuwu lebih istimewa dari tahun-tahun sebelumnya. Kali ini, Administrator Apostolik Keuskupan Ruteng Mgr Silvester San memimpin perayaan. Selain merayakan Misa Hari Raya Pentakosta, Uskup Denpasar itu memberikan sakramen Krisma, melantik Dewan Pastoral Paroki (DPP) dan Dewan Keuangan Paroki, Minggu (20/05/2018).

Tiba pukul 08.00, Administrator Apostolik disambut secara adat oleh Pastor Paroki, pengurus DPP dan tokoh masyarakat setempat. Usai peneriman, acara dilanjutkan dengan perayaan Ekaristi.

Dalam kotbah, Mgr Silvester mengajak umat untuk membuka diri bagi karya Roh Kudus. Allah Roh Kudus, kata Uskup Denpasar itu, memberi napas kehidupan dan menuntun hidup orang beriman dan Gereja kepada Kebenaran.

“Sekalipun Gereja Katolik mengalami krisis, konflik, tantangan dan bahkan skandal, gereja katolik tetap bertahan. Itu karena Roh Kudus senantiasa memimpin Gereja,” jelas Mgr Silvester San.

Mgr. Silvester San Memimpin Misa Pentakosta di Paroki St. Klaus Kuwu, Minggu (20/05/2018). Foto: Ferdy Pangor/Komsos Ruteng

Sebanyak 600 umat menerima Sakramen Krisma pada perayaan ini, terdiri atas pelajar dan orang-orang dewasa. Sementara Dewan Pastoral Paroki dan Dewan Keuangan Paroki dilantik untuk masa bakti empat tahun ke depan (2018-2022).

Turut hadir dalam perayaan ini Bupati Manggarai Deno Kamilus, Vikep Ruteng Rm Geradus Janur Pr, Ketua Komisi Liturgi Rm Ompy Latu, Pr, dan para pastor dari Komunitas Novisiat Sang Sabda Kuwu. Rangkaian acara ditutup dengan santap siang bersama di Aula Paroki St. Klaus.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*