Willy Grasias February 25, 2018
Pengurus OMK St. Teofilus Paroki Cewonikit, Keuskupan Ruteng (foto: Willy Grasias/Komsos Ruteng)

 

Orang Muda Katolik (OMK) bukanlah pelengkap dalam kehidupan persekutuan umat atau Gereja. Mereka adalah generasi yang penuh semangat dan menjadi kader-kader pewarta yang patut diandalkan. Pastor Paroki St. Vitalis Cewonikit Rm. Servulus Juanda, Pr menyatakan itu pada kesempatan serah terima jabatan kepengurusan OMK Paroki St. Vitalis Cewonikit, Keuskupan Ruteng, Minggu (25/02/2018).

“Mereka orang-orang luar biasa yang dipilih dan diangkat sebagai mitra kerja dalam proses berjalan bersama untuk mencapai target kehidupan kebersamaan yaitu pengakuan Bapa itu sendiri. Untuk itu kita merenungkan tentang akhir dari sebuah pelayanan yang dikehendaki Tuhan,” kata Rm. Selus.

Bicara soal peran OMK dalam hidup bersama dalam paguyuban Gereja, Romo Servulus bertolak dari pengalaman Yesus bersama para muridnya. Yesus mengumpulkan orang-orang muda untuk menjadi rasulnya. Ia mendidik mereka sampai memiliki kematangan dalam iman dan pelayanan.

“Hari ini Yesus dimuliakan di Gunung Tabor, kemuliaan itu adalah puncak sebuah pengakuan akan sebuah pengabdian yang dilakoni Yesus. Dalam konteks ini pelayanan orang muda di Paroki ini bukan pelengkap,” tegas Rm. Selus.

Romo Selus mengajak para pengurus OMK untuk seperti para murid Yesus terus belajar. Sebagai orang-orang muda, mereka perlu terbuka pada semua apa yang baik, termasuk yang diwariskan oleh para kader OMK sebelumnya.

OMK St. Teofilus Cewonikit

Oleh karena itu, ia berterima kasih pada pengurus lama yang dikomandoi oleh Adi Jono dan telah mengakhiri tugas pelayanan. Sukses untuk mereka bukan persoalan dalam mencapai target, tapi belajar dalam proses itu yang dikedepankan.

“Untuk sampai di situ harus ada visi dan misi yang mau dicapai sebagai umat beriman. Harus menghantar setiap berjalan ke rumah bapa yang diungkapkan lewat program kerja, dan ini adalah sebuah proses. Orang sering melihat hasil tanpa menelusuri proses,” ungkap Rm. Selus.

Serah terima jabatan kepengurusan Orang Muda Katolik (OMK) Paroki Santo Vitalis Cewonikit Rutengdilakukan pada Misa Hari Minggu (25/02/2017). Kepengurusan periode 2018-2022 diketuai oleh Apri Burti. Pengurus lainnya yaitu Wakil Dodi Putra, Sekretaris Yones Etwin, Bendahara Gordy, bersama ketua seksi berjumlah 36 orang.

“Saya mengukuhkan dan meneguhkan kalian sebagai pengurus OMK Paroki Santu Vitalis Cewonikit yang bernaung dalam perlindungan St.Teofilus masa bakti 2018-2021. Tunaikanlah tugas pelayanan ini seturut tanggung jawab yang sudah diberikan pada kalian, dengan semangat yang berkobar-kobar oleh cinta kasih persaudaraan,” kata-kata pengukuhan oleh Rm. Selus pada upacara pelantikan.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*