Jelang Natal dan Pergantian Tahun, Polisi Gelar Operasi Lilin

Apel gelar pasukan di Mapolres Manggarai dalam rangka Operasi Lilin Turangga 2017 , Kamis (21/12/2017)

 

Jelang perayaan Natal dan pergantian tahun, Kepolisian Resor Manggarai meningkatkan pengamanan melalui Operasi Lilin Turangga 2017. Lebih dari 400 personil dilibatkan dalam operasi yang dilaksanakan selama 10 hari, yaitu 23 Desember 2017 sampai dengan 1 Januari 2018.

Untuk mengamankan perayaan Natal, Kepolisian Resor Manggarai akan melakukan sterilisasi gereja-gereja pada Sabtu (23/12/2017) menjelang perayaan dimulai. Kemudian, beberapa personil akan berjaga di lingkungan Gereja selama perayaan berlangsung.

“Standar pengamanan Gereja maksimal dua anggota. Untuk gereja-gereja di bisa sampai tujuh orang. Hari Sabtu akan dilakukan sterilisasi setiap gereja oleh satuan Brimob dan sabhara Polres Manggarai.” kata Kasubag Humas Polres Manggarai Ipda Daniel Djihu melalui pesan singkat kepada Komsos Ruteng, Kamis (21/12/017).

Operasi Lilin Turangga 2017 di lingkungan Kepolisian Resor Manggarai dimulai dengan apel gelar pasukan di Mapolres Manggarai, Kamis (21/12/2017). Wakapolres Manggarai Kompol Tri Joko Biyantoro, S.Sos memimpin apel sebagai inspektur apel gelar pasukan.

Turut hadir Pejabat instansi terkait dari Pemda Kab. Manggarai, Kodim 1612 Manggarai, Brimob Sub Den 2 Den B Pelopor Manggarai, Satuan Pol PP Kab. Manggarai, Dinas Perhubungan Kab. Manggarai, para Perwira Polres Manggarai. Peserta upacara terdiri dari satu pleton personil Kodim 1612 Manggarai, satu pleton personil Brimob Sub Den 2 Den B Pelopor Manggarai, satu pleton personil Satuan Pol PP Kab. Manggarai, satu pleton personil Dinas Perhubungan Kabupaten Manggarai dan seluruh personil Polres Manggarai.

“Kita tingkatkan sinergi Polri dan instansi terkait dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018,” tulis Ibda Daniel Djihu dalam press rilis terkait tujuan operasi Lilin Turangga 2017 itu.

Apel gelar pasukan di Mapolres Manggarai, Kamis (21/12/2017)

Amanat Kapolri

Pada kesempatan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Turangga 2017, Wakapolres Manggarai membacakan amanat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam rangka pengamanan Operasi Lilin Turangga 2017. Beberapa hal penting dari amanat Kapolri, sebagaimana ditulis dalam press rilis yang diterima Komsos Ruteng, adalah sebagai berikut.

Pertama, meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan diri maupun satuan dalam melaksanakan tugas sehingga mampu merespon secara cepat dan tepat setiap bentuk gangguan kamtibmas yang terjadi.

Kedua, menyiapkan serta memelihara kondisi fisik dan mental untuk dapat senantiasa memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Ketiga, mempersiapkan dengan baik seluruh peralatan, sarana dan prasarana yang akan digunakan untuk mendukung kelancaran dan keberhasilan operasi.

Keempat, melaksanakan tugas dengan penuh rasa ketulusan dan keikhlasan serta semangat pengabdian terbaik melalui tampilan sikap yang humanis dan simpatik serta hindari sikap arogansi dan kesewenang – wenangan.

Kelima, penggelaran personil harus mampu memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat dalam menjalankan aktivitasnya baik di tempat ibadah, tempat tinggal, jalur lalu lintas, lokasi wisata maupun tempat lain yang merupakan police hazard.

Keenam, melakukan tindakan proaktif dan antisipatif dengan melibatkan semua fungsi Kepolisian serta stakeholders terkait.

Ketujuh, melakukan penegakan hukum secara profesional dan proporsional serta bertindak secara tegas dan terukur terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas.

Kedelapan memperkuat kerja sama yang sinergis dan harmonis dengan seluruh instansi terkait serta segenap elemen masyarakat dalam rangka memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *