Metik Mentot November 17, 2017

Menjelang berakhirnya tahun pewartaan 2017, team Pusat Pastoral Keuskupan Ruteng mengevaluasi aneka kegiatan pastoral. Evaluasi yang dilaksanakan dalam pertemuan di empat kevikepan, November 2017, bertujuan untuk melihat sejauh mana program-program telah dilaksanakan di tingkat paroki dan kevikepan, apa saja dampaknya bagi kehidupan iman umat dan hal-hal apa yang perlu diperbaiki ke depan.

“Tujuan dari evaluasi ini pertama, untuk mau melihat apa yang telah kita buat bersama. Berikutnya kita juga mau mengambil, menimba sari-sari, intisari-intisari dari pengalaman-pengalaman program pastoral yang kita sudah buat bagi pastoral kita selanjutnya,” kata Direktur Puspas Keuskupan Ruteng, Rm. Martin Chen, Pr, pada pembukaan pertemuan evaluasi akhir kevikepan Ruteng di Timung, Selasa (14/11/2017)

Direktur Puspas Keuskupan Ruteng, Rm Martin Chen, Pr

 

Sebagaimana telah dicanangkan akhir tahun lalu, fokus perhatian karya pastoral selama tahun 2017 adalah karya pewartaan Sabda Allah. Oleh karena itu, hal-hal yang dievaluasi juga difokuskan pada kegiatan-kegiatan yang terkait dengan pewartaan.

“Kita mau lihat berkaitan dengan segala gerakan maupun semua program yang berkaitan dengan kerasulan kitab suci. Lalu yang kedua semua program dan kegiatan yang berkaitan dengan katekese.¬†Yang ketiga kita juga lihat integrasi kegiatan. Kegiatan tahun pewartaan dengan tahun liturgi sebelumnya. Dan terakhir yang coba kita lihat adalah berkaitan dengan pembentukan kelompok-kelompok pewarta,” tegas Rm. Chen.

Rm. Chen berharap supaya evaluasi yang ditampilkan betul hasil diskusi bersama dalam kelompok bukan dibuat sendiri oleh pastor paroki atau juga dewan paroki atau juga seksi pewartaan paroki sehingga evaluasi ini betul hasil refleksi bersama, karna paroki terlalu luas untuk diwakili oleh satu orang.

Evaluasi Tiga Tahap di Empat Kevikepan

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, evaluasi dan monitoring dilakukan sebanyak tiga kali. Evaluasi pada bulan November ini merupakan tahap terakhir dari proses monitoring dan evaluasi implementasi Sinode III Keuskupan Ruteng untuk Tahun Pewartaan 2017. Sebelumnya, Evaluasi dan monitoring dilaksanakan pada Agustus untuk tahap kedua dan pada Mei untuk tahap pertama.

Evaluasi dilaksanakan dalam pertemuan-pertemuan pastoral tingkat kevikepan. Adapun jadwalnya adalah sebagai berikut: Kevikepan Ruteng (14/11/2017), kevikepan Labuan Bajo (16/11/2017), Kevikepan Borong (21/11/2017), dan Kevikepan Reo (23/11/2017).

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*