SEKAMI Ruteng Berdoa ‘Rosario Misi’ di Paroki Langke Majok

SEKAMI Keuskupan Ruteng Berdoa Rosario Misi di KBG St. Yohanes Langke Majok, Sabtu (21/10/2017)

Serikat Kepausan Anak-Anak Misioner Indonesia (SEKAMI) Keuskupan Ruteng menyelenggarakan doa rosario dengan intensi khusus untuk karya misi. Doa dalam rangka Minggu Misi itu diadakan serempak di setiap Komunitas Basis Gerejani (KBG) Paroki Langke Majok, Sabtu (21/10/2017) malam.

“Rosario Misi itu maksudnya doa rosario dengan ujud khusus untuk karya misi sebagaimana disampaikan oleh Paus Fransiskus dalam Pesan untuk Hari Minggu Misi Sedunia,” kata Direktris Karya Kepausan Indonesia (KKI) Keuskupan Ruteng Sr. Yohana CP.

Kegiatan doa rosario misioner ini, lanjut Sr Yohana, dibuat untuk ujud bapa Suci, yaitu memohon perdamain bagi seluruh dunia. Rosario misioner dilambangkan dengan lima warna yang mewakili lima benua, yaitu putih benua Eropa, kuning benua Asia, biru benua Australia, merah benua Amerika dan hijau benua Afrika.

Kegiatan doa merupakan satu dari rangkaian kegiatan SEKAMI Keuskupan Ruteng untuk merayakan Hari Minggu Misi Sedunia tahun 2017 di Paroki St. Padre Pio Langke Majok. Selain Rosario Misioner di setiap KBG, SEKAMI juga mengadakan animasi, katekese, dan Ekaristi Hari Minggu Misi Sedunia di Gereja Paroki.

Lebih dari 1000 anak-anak sekami berpartisipasi dalam kegiatan dua hari itu. Mereka berasal dari 27 paroki di Keuskupan Ruteng. Tiba sore hari di Paroki Langke Majok, mereka dibagi ke setiap KBG untuk menginap dan melaksanakan doa Rosario Misi bersama umat.

“Satu KBG menerima utusan dari satu Paroki. Ada juga KBG yang menerima utusan dua Paroki. ” kata Pastor Paroki Langke Majok Rm. Ardus Noveri, Pr.

Menurut Romo Ardus, ada nilai lebih yang bisa didapat melalui kegiatan Rosario Misi yang dipimpin oleh anak-anak SEKAMI. Selain kesempatan bagi anak-anak untuk berdoa dan bermisi, kegiatan ini menumbuhkan keyakinan akan masa depan gereja yang cerah dengan banyaknya kader-kader remaja yang sedang bertumbuh.

“Kami sangat senang menerima anak-anak ini. Saya sampaikan ke umat, kalau selama ini orang-orang tua yang bermisi, biarlah malam ini anak-anak SEKAMI menjalankannya. Ini sekaligus memberikan gereja optimisme tentang masa depan yang cerah di tangan anak-anak ini nanti,” urai Rm. Ardus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *