SEKAMI Paroki Ka – Redong Menggambar Cita-Cita dan Harapan

Paroki Ekaristi Kudus Ka – Redong, Keuskupan Ruteng

Hujan lebat mengguyur wilayah Ruteng dan sekitarnya, Senin (9/10/2017) siang hingga sore hari. Jika cuaca begitu, biasanya, anak-anak di rumah saja. Tetapi kali ini, sebanyak 60 anak yang bergabung dalam Serikat Kepausan Anak-Anak Misioner Indonesia (Sekami) dan remaja Serikat Kepausan Anak Remaja (Sekar) justeru berkumpul di Gereja Paroki Ekaristi Kudus Ka – Redong.

Rencananya, mengadakan latihan Koor. Tetapi derasnya hujan tidak memungkinkan untuk berlatih koor. Ide kreatif pun muncul dari Shela Kongen, mahasiswa STKIP St. Paulus Ruteng yang mendampingi mereka. Latihan Koor diganti dengan kegiatan kreatif.

“Kita menulis dan menggambar. Temanya, cita-cita dan harapan,” seru Shela .

Tawaran Shela disambut gembira anak Sekami dan Sekar. Mereka pun segera sibuk dengan peralatan masing-masing. Ada yang menulis. Ada yang menggambar. Juga ada yang bernyanyi dan membuat kupu-kupu dari kertas. Saking bersemangatnya, waktu satu setengah jam pun terasa begitu cepat berlalu.

Beragam kreasi mereka hasilkan tentang cita-cita mereka dan harapan terhadap Sekami dan Sekar. Ada yang ingin menjadi penulis, biarawan biarawati, polisi, guru, pemain sepak bola, penyanyi dan pelukis.

Melalui tulisan dan gambar, mereka mengungkapkan harapan dengan bergabung dalam kelompok anak Sekami dan Sekar. Mereka berharap organisasi rohani itu menjadi tempat mereka belajar tentang cara berdoa, disiplin, bermain dan bernyanyi. Sederet kata ungkapan lainnya yaitu Sekami selalu sukses, ceria, maju, semakin kreatif, tambah gaul dan kece, dan tambah banyak yang mau gabung.

“Saya bangga dengan kalian. Di saat anak-anak lain seusia kalian masih tertidur tapi kalian malah hadir di sini dan hadir untuk ikut kegiatan. Terimakasih, kalian sudah bekerja sesuai hobi kalian tentang kesan dan harapan terhadap Sekami dan Sekar. Tugas kita bukanlah untuk berhasil. Tugas kita adalah untuk mencoba, karena di dalam mencoba itulah kita menemukan dan belajar membangun kesempatan untuk berhasil,” kata Shela di akhir kegiatan sore itu.

Jam menunjukkan waktu pukul 17.30. Kegiatan hari itu ditutup lagu Let’ go Sekami dan yel-yel paroki EKUKARDO dan sukacita.

Banyak Pelayan dan Beragam Kegiatan

Sekami dan Sekar merupakan organisasi rohani anak-anak dan remaja yang memiliki anggota yang banyak di Paroki Roh Kudus Ka – Redong. Mereka terdiri atas anak-anak Sekolah Dasar sampai dengan Sekolah Menengah Atas.

“Kalau semua berkumpul, bisa lebih dari 150 orang,” kata Shela.

Ada banyak kegiatan yang mereka lakukan selain bina iman anak yang diadakan setiap minggu. Bina iman mingguan diisi dengan katekese yang diselingi dengan permainan-permainan. Kegiatan lainnya yaitu membawakan koor pada misa di paroki dan menghadiri kegiatan yang diselenggarakan Karya Kepausan Indonesia (KKI) Keuskupan.

Yang menarik adalah para pendampingnya yang proaktif dalam melayani. Sekami Paroki Ka – Redong belum memiliki ketua yang secara resmi diangkat oleh Paroki. Meski begitu, Kegiatan-kegiatan berjalan lancar dan sukses, baik kegiatan rutin maupun yang khusus.

Ternyata, Shela tidak sendirian untuk menggerakan anak-anak dan remaja. Beberapa rekannya juga memiliki semangat yang sama untuk mengoordinasi kegiatan – kegiatan Sekami dan Sekar. Mereka pun menggilir tugas untuk memimpin kegiatan bina iman setiap minggu.

“Saya sendiri sama kak Neik. Tapi, dia jarang karena dia juga menjadi jadi pembina di Paroki Majok.¬†Kadang-kadang ada adik-adik SMA yang bantu,” cerita Shela.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *