Komsos Ruteng September 27, 2017

Dalam rangka mengisi Tahun Pewartaan 2017, Pusat Pastoral Keuskupan Ruteng bekerja sama dengan Komisi Komsos KWI menyelenggarakan Pelatihan Public Speaking dan Menulis Produktif. Dua kegiatan itu dilaksanakan secara bersamaan di Wisma Efata Ruteng, 26 – 28 September 2017.

Sebanyak 120 peserta mengikuti kegiatan selama tiga hari itu. Mereka antara lain utusan paroki-paroki di sekitar Kota Ruteng, komunitas biara, Radio Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai, pewarta media online, mahasiswa, dan pelajar. Kelas Public Speaking dan Presentasi didampingi oleh Errol Jonathans. Sedangkan kelas jurnalistik didampingi oleh A.A. Kunto A., dan R.B.E., Agung Nugroho.

“Pelatihan Public Speaking dan Menulis Produktif bertujuan untuk penguatan kapasitas sumberdaya agen pastoral dalam bidang pewartaan, yaitu meningkatkan kemampuan pewarta dalam pertemuan atau tatap muka langsung dengan audiens. Sementara pelatihan menulis produktif meningkatkan kemampuan aktivis gereja dalam pewartaan melalui media, baik cetak, elektronik, maupun digital,” kata Rm. Erick Ratu dalam sambutan pembukaan kegiatan, Selasa (26/9/2017).

Usai kegiatan ini, jelas Rm. Erick, para peserta diharapkan menjadi pewarta yang tidak hanya memusatkan perhatian pada isi pesan yang mereka wartakan. Lebih dari itu, mereka mengemas pesan itu dalam teknik presentasi atau tulisan pada media secara menarik.

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*