Press "Enter" to skip to content

Direktur Puspas: Pertemuan Bersama Pastor dan DPP Perlu Dibiasakan

0

Direktur Pusat Pastoral Rm. Martin Chen, Pr., mengajak para pastor dan DPP di paroki-paroki untuk membiasakan pertemuan bersama. Pertemuan itu dilakukan mulai dari merencanakan program, melaksanakan kegiatan, hingga monitoring dan evaluasi pelaksanaan program.

“Paroki-paroki mesti menjadikan semacam habitus untuk membuat evaluasi bersama Pastor Paroki dan Dewan Pastoral Paroki,” kata Rm. Chen dalam pertemuan bulanan Komisi di Pusat Pastoral Keuskupan Ruteng, Jumat (8/9/2017).
Rm. Chen menyampaikan pernyataan itu berdasarkan pengamatan terhadap kegiatan evaluasi Tahap II program pastoral Tahun 2017. Evaluasi itu telah dilaksanakan di empat kevikepan, akhir Agustus hingga awal September lalu.

“Ada paroki yang sudah mempersiapkan presentasi evaluasi, bahkan dengan pertemuan bersama dewan. Tetapi masih ada sejumlah paroki yang mempresentasikan evaluasinya tidak didahului oleh pertemuan bersama dengan para dewan pastoral paroki.” lanjut Rm. Chen.

Kedepan, harap dia, pertemuan bersama pastor dan Dewan Pastoral Paroki perlu dibiasakan. Pertemuan antara lain dalam merencanakan program, melaksanakannya, memonitor, dan evaluasi.

Terkait pertemuan bersama itu, Rm. Chen memuji kebersamaan vikep bersama para imam di Kevikepan Reo. Pertemuan evaluasi pastoral yang dilaksanakan di Paroki Bari, dilaksanakan dalam nuansa persaudaraan dan kekeluargaan.

“Evaluasi ini sebagai momentum communio, tidak sekadar untuk merefleksikan dan menilai program dan gerakan tahun pewartaan,” tutupnya.